Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

KEGIATAN SOSIALISASI STUNTING DALAM UPAYA PENTINGNYA PENCEGAHAN STUNTING (KERDIL) DI MASYARAKAT

KEGIATAN SOSIALISASI STUNTING DALAM UPAYA PENTINGNYA PENCEGAHAN STUNTING (KERDIL) DI MASYARAKAT

Rabu, 06 Desember 2023

 

Pemerintahan Desa Cibatu Melaksanakan kegiatan Sosialisasi Stunting dalam upaya pentingnya Pencegahan Stunting (Kerdil) di masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Cibatu Kecamatan Cibatu Kabaupaten Purwakarta.

 

Stunting atau kondisi kerdil pada anak-anak merupakan permasalahan serius yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak. Untuk itu, peran kader Posyandu Desa Cibatu sangat di butuhkan dan berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak negatif stunting dan upaya pencegahannya.

 

Sosialisasi yang di gelar di Aula Kantor Desa Cibatu ini di hadiri oleh para Kader Posyandu Desa Cibatu dengan Seluruh jajaran Staff Desa Cibatu, dengan mengundang 4 Orang Narasumber yaitu :

 

1.Insvektorat (Bpk.Farid)

2.Bpk.Sekcam Cibatu

3.DPMD Purwakarta (Bpk.Asep)

4.Bpk.Kepala Puskesmas Cibatu

 

Ibu Kepala Desa Cibatu ( LORETTA,SE) memberikan sambutan

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk pengoptimalan pencegahan stunting, agar tidak ada lagi kasus stunting di Desa Cibatu.

 

Untuk narasumber pertama insvektorat yaitu Bpk.Farid

Memberikan informasi agar ada pengawasan pertanggung jawaban anggaran dalam bentuk laporan dan memberikan penjelasan pedoman prioritas penggunaan dana desa, contohnya dalam bidang kesehatan dan memberikan arahan supaya jangan banyak sosialisasi tapi studi banding atau kegiatan lainnya, agar fokus ke penanggulangan.

 

Bpk.Sekcam stunting berawal dari gizi yang buruk karna tidak mampunya memberikan asupan yang baik untuk anak atau pengetahuan yang minim bagi para ibu mengenai makanan yang sehat yang harus di lakukan yaitu dengan membantu para ibu dalam mensosialisasikan mengenai stunting.

 

DPMD Purwakarta (Bpk.Asep)

Stunting terjadi karena pola hidup,pola asuh dan pola makan dan memberikan informasi mengenai data di pusat bukan hanya yang positif stunting makanya tingkat presentasenya tinggi, purwakarta kelemahannya ada di dana sehat.

 

Bpk.Kepala Puskesmas Cibatu memberikan informasi lebih mendalam mengenai pentingnya pola makan seimbang bagi ibu hamil dan anak-anak. Materi yang disampaikan mencakup aspek-aspek kritis dalam pencegahan stunting, seperti nutrisi, perawatan kesehatan, dan pentingnya pemberian ASI eksklusif. Stunting di pengaruhi oleh pola asuh, pola makan (Gizi & Nutrisi) dan lingkungan yang bersih.

Dalam penyampaian nya akan di rencanakannya mengundang dokter untuk memvalidasi anak tersebut stunting atau tidak.

 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju perubahan pola pikir dan praktek hidup sehat di Desa Cibatu agar tidak ada lagi kasus stunting di Desa Cibatu.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *