Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Selasih (Selasa Bersih) Kembali Meriahkan Desa Cibatu, Purwakarta

Purwakarta, 10 Oktober 2023 - Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta kembali meriahkan "Selasih" (Selasa Bersih), sebuah kegiatan rutin tingkat kecamatan yang diadakan setiap hari Selasa. Kali ini, jadwal acara dilaksanakan di Jalan Kampung Galayah RT.008 RW.003, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta dimulai dari jam 07.30 sampai selesai.   Acara yang berlangsung dengan penuh semangat ini dihadiri oleh Bapak Camat ( Muhammad Kosim, S,Stp M,Si ), yang juga memeriahkan kegiatan ini. Selasih merupakan wadah bagi aparatur pemerintahan untuk bersama-sama membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan di wilayah desa.Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.   Dalam acara Selasih kali ini, aparatur pemerintahan dengan antusias berkumpul untuk membersihkan jalan-jalan, trotoar, dan lingkungan sekitar. Mereka membawa alat-alat kebersihan seperti sapu, mesin rumput dan alat perkakas lainnya untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang jalan.   Bapak Camat memberikan Berbagai yang menginspirasi kepada peserta Selasih. Beliau menekankan pentingnya peran masyarakat dan aparatur pemerintahan dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan dan keindahan di wilayah desa. Selain itu, beliau juga mengapresiasi semangat dan partisipasi aktif kepada aparatur pemerintahan dalam kegiatan Selasih ini.   Selasih (Selasa Bersih) di Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta menjadi inspirasi kita semua dalam menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan, kegiatan ini akan terus berjalan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi seluruh warganya.

Pembagian Bantuan Langung Tunai (BLT) di Desa Cibatu

Pemerintah Desa Cibatu melaksanakan program pemerintah berupa pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT). Tujuan program ini untuk membantu perekonomian keluarga penerima manfaat (KPM). Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Cibatu pada hari Senin (11/09/2023). Pada Bulan September ini, jumlah keluarga penerima Bantuan Langsung Tunai sejumlah 42 KK yang berada di Desa Cibatu. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) ini akan menerima bantuan sebesar Rp 900.000,00 selama tiga bulan. Syarat yang dibawa ketika mengambil BLT berupa fotokopi KTP dan KK sehingga warga wajib membawa fotokopi KTP dan KK sejumlah 3 rangkap untuk 3 bulan bantuan tersebut. Menurut Sekretaris Desa Cibatu, Suharja, dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini berasal dari pemerintah pusat. “Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan bijak oleh keluarga untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya sehingga dapat meringankan beban perekonomian keluarga penerima manfaat,”ujarnya. Dampak pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2023 di desa Cibatu ini mendapatkan sanjungan positif dan apresiasi warga setempat. Salah seorang warga keluarga penerima manfaat mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas program pemerintah yang dijalankan pemerintah desa secara transparan ini. Harapan kedepannya, program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat akan terus berlanjut dan dapat dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Selain itu Pemerintah Desa Cibatu juga berdedikasi untuk terus melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan.

Desa Cilandak diserbu Praja IPDN? Selasih (Selasa Bersih) Wujudkan Lingkungan yang Asri dan Bersih

Kegiatan bhakti masyarakat di Desa Cilandak Kecamatan Cibatu kali ini berbeda. Puluhan Praja IPDN menyerbu Desa Cilandak. Dari seluruh Nusantara, Praja IPDN hadir ikut melaksanakan kegiatan bhakti masyarakat yakni Selasih atau Selasa Bersih bersama masyarakat desa Cilandak pada hari Selasa(12/09/23). Kegiatan ini bersifat gotong royong untuk membersihkan ruas jalan. Dihadiri oleh Bapak Camat Cibatu, Muhammad Kosim, S.STP, M.Si, kerja sama membersihkan ruas jalan ini berdampak positif baik bagi Praja maupun masyarakat sekitar. Praja IPDN yang humble dan membaur kepada masyarakat menjadi salah satu langkah pembelajaran ketika berada di dunia kerja untuk mudah bersosialisasi dengan warga. Kegiatan lapangan ini membentuk mental dan karakter praja untuk mudah bersosialisasi dan memberikan sikap yang hangat kepada warga sebagai pelayan masyarakat nantinya. Dengan kehadiran Praja IPDN yang berasal dari seluruh nusantara ini, warga desa Cilandak merasa senang karena kehadiran Praja IPDN membantu memudahkan dan meringankan warga desa Cilandak dan menyambut dengan baik akan kehadiran Praja. Harapannya kegiatan-kegiatan positif seperti Selasih ini terus berlanjut dan muncul kegiatan positif sejenis dengan tujuan yang membangun dan dapat diikuti secara antusias oleh warga.

Apel Gabungan di Kecamatan Cibatu bersama Praja IPDN

Menyambut hari Senin yang cerah, bertempat di Kantor Kecamatan Cibatu dilaksanakan Apel pagi gabungan bersama Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Apel pagi gabungan ini dihadiri oleh Muspika Kecamatan Cibatu dan pegawai kecamatan beserta perangkat desa pada hari Senin, 11 September (11/09/23). Pembina apel, Bapak Muhammad Kosim, S.STP, M.Si, menyampaikan beberapa amanat yang selain tertuju pada mutasi jabatan pengenalan pegawai juga menyampaikan atensi yang ditujukan pada Praja IPDN tersebut. “Untuk membaur dengan masyarakat, kita harus bisa 3S. Yang pertama Sport, artinya kita harus ikut membaur dalam acara keolahragaan agar dapat mengenal dan membaur dengan masyarakat secara simplenya. Yang kedua yaitu Sing, kemampuan menyanyi tentu bisa dilakukan semua orang dan pembawaannya mudah diterima oleh masyarakat. Maka dari itu, menyanyilah dan kalian akan lebih mudah mengenal warga desa. Kemudian yang ketiga, senyum. Senyum merupakan tanda bahwa kita adalah orang yang ramah. Senyum memberikan kesan pertama bagi orang yang melihat kita.” Penyampaian Bapak camat terkait pentingnya 3S untuk melebur dan membaur kepada masyarakat. Bapak Camat Cibatu, Muhammad Kosim, S.STP, M.Si, berpesan kepada Praja IPDN peserta apel bahwa jangan pernah merasa sombong atas apa yang dimiliki sekarang dan untuk menjadi pegawai yang selalu rendah hati dan mampu membaur kepada warga karena sejatinya kita adalah pelayan masyarakat. Pelayan masyarakat yang baik adalah orang yang mampu mendengarkan keluhan masyarakat dan dapat memberikan solusi terbaik untuk masyarakat.  

Jumsih atau Pelatihan Baris-Berbaris? Anggota Linmas VS Praja IPDN

Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Cibatu menyambut dengan antusias Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) dalam kegiatan Jumsih atau Jumat Bersih di kantor Desa Cibatu (08/09/23). Sebelum pelaksanaan Jumat Bersih, satuan Linmas melaksanakan baris-berbaris atau PBB bersama Praja IPDN. Dengan semangat, praja bersama anggota linmas melaksanakan latihan baris-berbaris untuk pembinaan serta melatih sikap dan postur. Latihan ini merupakan inisiasi yang dilakukan karena kedatangan praja IPDN memberikan semangat positif bagi perangkat desa untuk lebih memberikan performa yang terbaik. Setelah selingan kegiatan latihan baris-berbaris, perangkat desa bersama praja IPDN melaksanakan kegiatan Jumat Bersih yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat. Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk memupuk tali silaturahmi, juga dilakukan bertujuan agar menjaga linkungan tetap bersih dan asri. Lingkungan kerja yang bersih tentu memberikan suasana kerja yang nyaman dan terhindar dari penyakit. Kegiatan Jumsih atau Jumat Bersih memberikan dampak positif bagi lingkungan. Selain menjadi kebiasaan, tentu cerminan desa dapat dilihat dari kantor desa itu sendiri. Lingkungan kantor Desa Cibatu yang bersih dan nyaman akan memberikan impression kepada dunia luar bahwa masyarakat desa Cibatu merupakan masyarakat yang sehat dan mampu menjaga kebersihan.